pasang

Suka Duka Jadi Pedagang Online Alias Jualan Online

Mungkin akan banyak cerita yang akan tertuang di artikel ini, tidak mengapa yang terpenting bisa menjadi pembelajaran bersama jika di rasa bermanfaat kalaupun tidak ya tidak mengapa toh saya juga ingin nulis gitu aja.

Curhatanku kali ini berisi mengenai kegitana harian saya sebagai apoteker sekaligus sebagai penjual beberapa produk melalui internet salah satunya ya Tungku Aromateapi Listrik / Lampu Hias Aromaterapi ini. Gimana sih Suka duka jadi pedagang online alias jualan online selama ini?. Pokonya itu banyak enaknya lah soalnya bisa di sambi alias kerja di sambi bisnis jualan heheh...!!!

Menurut saya pribadi paling enak sih dari dulu jualan ya lewat internet lebih enak dan fleksibel tidak harus membutuhkan modal puluhan juta cukup ratusan ribu saja sudah lebih dari cuku asalkan tahu caranya ya.
Baca :
--> Mengenal Ragam Jenis Bisnis Online <--

Sebenarnya mencari penghasilan di internet itu ada banyak cara dan jalan hanya saja kenyamanan dan rejeki orang itu berbeda-bedan dan pastinya sudah di tentukan oleh yang MAHA pemberi Rejeki, kita manusia hanya tinggal ikhtiar dan tawakal saja tidak cukup tanpa ada usaha yang di barengi dengan doa, iya tidak?

Langsung saja deh berikut ini Suka duka jadi pedagang online alias jualan online :

Dukanya Itu :

Banyak Konsumen PHP
Sebenarnya hal seperti ini wajar dan memang sudah menjadi hal biasa, karena kemudahan akses teknologi akan membuat orang semakin acuh tak acuh pokoknya serba tanya ini itu padahal di website atau blog yang buat jualan kita itu udah di kasih info lengkap tapi tetap saja ngeyil dan tau-tau ngilang kadang gregeten sih kadang juga ah sudah biasa.

Konsumen seperti ini bisanya mebandingkan harga, membandingkan pelayanan dan kecepatan respon admin tinggal tergantung konsumennya juga sih pokoknya kalok menurut pengalaman saya selama jualan online kebanyakan nanyak malah ngak jadi beli kadang ini juga yang menjadikan admin sedikit malas membalas respon pembeli padahal tidak semua pembeli itu berkarakter PHP ( pemberi harapan palsu ).


Selain istilah PHP saya juga sering meng istilahkan konsumen OMDO. Kasian deh,hanya dapat OMDO, yaitu omong doang, jadi begini pada intinya ya PHP juga. si calon pembeli itu cuma bilang kalau pesan barang ini itu, setelah ditotal dan di beri kesepakatan harga dan paket sudah siap dikirim, eh ternyata tidak bayar-bayar. Malah kadang DC kontak kita.Untung barang belum dikirim.
   
Order lewat SMS
Hadeh..hari gini masih memakai sistem sms bisa di bilang super boros bahkan selama saya jualan order lewat sms bisa saya bilang belum pernah karena memang saya menerapkan order via WA,email dan BBM. Jadi tidak khawatir bila konsumen banyak tanya. tidak takut pulsa boros, apalagi beli barang satu biji tanya jawabnya satu meter lebih dan untuk jualannya malah abis buat SMSn.
   
Sabar dan Kudu pengertian.
Sudah di pastikan karena banyak modus penipuan jual beli online kadang calon pembeli itu ragu, takut, kalau ditipu. itu memang sudah hal wajar dalam dunia jual beli online, cari kesepakatan yang sama-sama menguntungkan.

http://blog.lampuaromaterapi.com/2015/11/suka-duka-jadi-pedagang-online-alias.html


Bagi saya asalkan niat kita benar toh dia nuduh kita nipu dll ndak masalah yang penting saya jualan beneran kalaupun mau main di tempat produksi silahkan saja tinggal janjian saja kuk, saya mah gitu orangnya.

Memang kadang sebuah dokumentasi bukti pengiriman tidak bisa menjadi jaminan untuk bisa di percaya begitu saja. Tetapi jika kita niat dari awal bener jualan dan gak nipu biasanya akan bertemu dengan orang-orang baik yang memang pembeli loyal dan bukan penipu.
   
Dituduh menipu
Sebenarnya karena was-was dan curiga saja sehingga beberapa konsumen setelah transfer sejumlah totalan yang penjual berikan karena respon lambat terus dengan negatif thingking dengan alasan barang yang dipesan tidak segera di kirim kalaupun sudah di kirim barang juga tidak kunjung tiba ke tangan pembeli. Biasanya mulai panih nih pembeli.



Sebenarnya penjual atau kami buka menipu, tapi barang yang dikirim masih dijalan, entah macet, atau kurirnya ada halangan dijalan, ataupun terselip di kantor jasa pengiriman.
   
Salah Hitung Ongkos Kirim.
Sebagai pedagang online hal seperti ini pasti sering di alami bahkan saya sendiri juga pernah saya alami dan tidak hanya 1 atau 2 kali, untungnya cuman seribu dua ribu di ongkos kirim bagi saya tidak masalh. Sebagai pembelajaran kita sebagai penjual online agar harus teliti menentukan ongkos kirim biar tidak rugi.
   

Sukanya Itu :


Modal Smartphone atau BB sudah bisa jualan.
Bisnis jualan online itu enaknya kebangetan lha cuman modal bb saja sudah bisa jualan apalagi biaya operasional jelas terjangkau bahkan semua kalanagn kini sudah memiliki perangkat canggih ini. Bila usaha masih kecil-kecilan alias masih sambilan, kita tidak perlu menyewa orang lain untuk menjaga toko online kita. Cukup menunggu beberapa BB atau smartphone bisa kita kontrol sendirikuk dan tinggal menunggu orderan saja.

Keteranganya asalkan tahu caranya dan sudah punya pandangan produk yang di jual ya.., oya carilah produk jualan online yang memiliki keuntungan per pcs minimal Rp. 15.000 rupiah ke atas sudah untung banget lah buat jualan sambilan, apalagi buat jualan serius hem.. saya aja Alhamdulillah walaupun bisnis sambilan paling sedikit dapet untung bersih 500-1juta / perbulan dari 1 hape 1 produk, padahal saya jualan beberapa produk lho. 

   
Persaingan lebih sedikit.
Sebenarnya kurang tepat sih bukan tidak ada saingan ketika kita berjualan barang secara online. hanya saja kita tidak perlu capek-capek ke tukang sablon buat cetak banner yang di pasang diperempatan, kita tinggal memainkan jurus SEOnya saja, dan memenangkan keyword dari kompetitor kita.
   
Target pasar sangat luas.
persebaran barang yang dibutuhkan di setiap daerah belum merata. Apalagi daerah terpencil yang jauh dari perkotaan. Nah disini kita bisa memainkan harga (bukan berarti membuat harga seenaknya, tapi sewajarnya saja). dengan harga yang masih wajar, yakinlah meski barang kita mahal sedikit dari kompetitor kita pasti akan tetap dikejar calon pembeli.
   

Jualan Online menambah relasi.
Semakin banyak customer, maka semakin banyak kenalan. Apalagi barang yang kita julan adalah barang yang merupakan barang koleksi atau peralatan penunjang hobi.

Ya itulah sedikit gambaran bagaimana suka duka yang saya rasakan ketika menjalankan bisnis sambilan jualan barang secara online. Ya mungkin dari pengalaman diatas bisa dijadikan pembelajaran dan kesimpulan tips bagaimana menjalan usaha berjualan barang secara online.

Suka Duka Jadi Pedagang Online Alias Jualan Online Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rumah Souvenir Unik
peluang