pasang

Bentuk dan Macam Aplikasi Aromaterapi

Aromaterapi adalah istilah generik bagi salah satu jenis pengobatan alternatif yang menggunakan bahan cairan tanaman yang mudah menguap, dikenal sebagai minyak esensial atau essential oil / EO, dan senyawa aromatik lainnya dari tumbuhan yang bertujuan untuk memengaruhi suasana hati atau kesehatan seseorang, yang sering digabungkan dengan praktik pengobatan.
Lilin Aromaterapi

Penggunaan minyak essensial dari tanaman juga bisa di gunakan untuk meningkatkan kesehatan, vitalitas tubuh, pikiran serta jiwa dengan cara inhalasi, mandi rendam, kompres, pemakaian topikal dan pijat. Pemakaian minyak essensial secara komersial untuk terapi stres dan pencegahan penyakit sudah dilakukan sejak ratusan tahun (Rho dkk, 2006)

Minyak esensial berbeda susunan kimianya dari produk herbal lainnya karena proses distilasi yang hanya memulihkan fitomolekul ringan. Dalam penulisannya aromaterapi kadang ditulis aroma terapi atau aromatherapy atau aroma therapy.

Aromaterapi sudah ada sejak 6000 tahun yang lalu. Kata "aromaterapi" digunakan oleh kimiawan Perancis Rene-Maurice Gattefosse pada tahun 1920-an, yang mencurahkan hidupnya untuk meneliti sifat penyembuhan minyak esensial setelah musibah laboratorium parfumnya.

Dalam perkembangannya aromaterapi tidak hanya berbentuk cairan essential saja / EO. Namun, dalam beragam bentuk. Berikut berbagai bentuk aroma terapi.


   
Essential Oil Aromatherapy / Minyak Essensial Aromaterapi

Sesuai dengan namanya, aroma terapi jenis ini berbentuk cairan/minyak. Penggunaannya bermacam-macam, dipanaskan pada tungku (tungku listrik aroma terapi atau tungku lilin aroma terapi), dioleskan pada kain, dioleskan pada bola lampu dan dioleskan pada saluran udara.
Untuk melihat koleksi tungku aromaterapi listrik lainnya dapat dilihat pada tautan berikut ini:

>> Koleksi Tungku Listrik Aromaterapi <<

   
Dupa Aromaterapi / Stick Incense Aromatherapy

Dupa tidak hanya digunakan untuk kegiatan keagamaan tertentu, kini bentuk dupa pun menjadi salah satu bentuk aroma terapi. Dengan bentuk yang padat, sehingga anda tidak perlu takut tumpah. Hanya saja karena jenis aroma terapi ini berasap, aroma terapi jenis dupa lebih tepat digunakan untuk ruangan yang besar atau di ruangan terbuka. Jenis dupa aroma terapi sendiri saat ini ada 3 jenis, yaitu berupa dupa aroma terapi panjang, dupa aroma terapi pendek dan dupa aroma terapi berbentuk kerucut.

   
Lilin Aroma Terapi / Candle Aroma Therapy

Berkaitan dengan aroma terapi ada 2 jenis lilin yang digunakan, lilin untuk pemanas tungku dan lilin aroma terapi. Lilin yang digunakan untuk memanaskan tungku aromaterapi tidak memiliki wangi aroma terapi karena fungsinya adalah memanaskan tungku yang berisi aroma terapi essential oil. Sedangkan lilin aromaterapi adalah lilin yang jika dibakar akan mengeluarkan wangi aroma terapi.
Untuk melihat koleksi lilin aromaterapi lainnya dapat dilihat pada tautan berikut ini:

>> Koleksi Lilin Aromaterapi <<

   
Message Oil Aromatherapy / Minyak Pijat Aroma Terapi

Bosan bukan jika dipijat dengan minyak yang baunya aneh-aneh. Nah, variasi baru dari aroma terapi yaitu berbentuk minyak pijat. Wanginya sama saja seperti aroma terapi bentuk lainnya hanya saja bentuk dan cara penggunaannya yang berbeda.

   
Garam Aromaterapi / Bath Salt Aromatherapy

Mandi menggunakan air garam hangat dipercaya mampu mengeluarkan toksin/racun yang ada di dalam tubuh. Dengan garam aroma terapi ini suasana mandi air garam anda akan lebih menyenangkan. Untuk menggunakan garam aroma terapi ini sebaiknya anda mandi dengan cara berendam atau bisa juga digunakan untuk merendam bagian tubuh tertentu seperti telapak kaki untuk mengurangi rasa lelah anda.

   
Sabun Aroma Terapi / Soap Aroma Therapy

Sabun dengan aromaterapi, bentuknya yang saat ini beredar adalah berupa sabun padat namun dengan berbagai wangi aroma terapi, tidak hanya wangi saja namun berbagai kandungan/ekstrak dari tumbuh-tumbuhan dibenamkan di dalam sabun ini sehingga sabun ini juga baik untuk kesehatan tubuh, seperti menghaluskan kulit, menjauhkan serangga dan lainnya.


Kata Kunci terkait :

macam macam essential oil, cara penggunaan essential oil, kegunaan essential oil, pengertian essential oil, harga essential oil, tungku aromaterapi elektrik

Bentuk dan Macam Aplikasi Aromaterapi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rumah Souvenir Unik
peluang