pasang

Cara Alami Atasi Insomnia

Penyebab utama seseorang insomnia, selain stres juga bisa dikarenakan faktor lingkungan. Nah, untuk mengatasi insomnia tentu saja dengan menghilangkan penyebabnya.
Cara Atasi Insomnia Tanpa Obat-obatan

Apakah Anda kerap mengalami insomia? Sebenarnya, insomnia bisa diatasi tanpa obat-obatan.

Berikut cara alami mengatasi insomnia tanpa obat-obatan yang bisa Anda coba.

1. Suhu
Lingkungan Anda, dan suhu pada khususnya, merupakan salah satu penyebab sulit untuk tidur nyenyak. Pastikan bahwa suhu tubuh Anda dengan pendinginan kamar sesuai sehingga membuat Anda tidur nyaman.

2. Musik
Mendengarkan musik yang menenangkan bisa membuat Anda mudah tidur. Anda bisa mendengarkan musik dengan tempo yang lambat atau mungkin musik-musik klasik.

3. Cahaya

Cahaya bisa hadir dari mana saja, termasuk dari lampu jalan di luar jendela kamar Anda. Pastikan ruangan Anda memiliki cahaya seminimal mungkin. Anda dianjurkan menggunakan lampu aromaterapi sebagai penerang kamar tidur. Karena jika ruangan terlalu terang, otak Anda akan menganggap hari masih siang.

4. Aromaterapi
Lavender dan chamomile merupakan dua minyak esensial yang paling menenangkan. Keduanya sangat dianjurkan untuk membantu merilekskan diri. Anda bisa menyalakan lilin minyak esensial, mengoleskan di bawah bantal, atau bisa menggunakan lampu aromaaterapi kemudian tambahkan beberapa tetes pada cawan tepat aromaterapi.

5. Meditasi
Jika Anda sudah pada tahap susah sekali untuk tidur, Anda harus mencoba bermeditasi. Dengan meditasi, otak Anda akan rileks. Banyak pikiran membuat otot tegang dan menyebabkan Anda lebih sering terkena insomnia. Maka dari itu, penting untuk melakukan mediasi.

6. Yoga atau PMR
Beberapa yoga ringan dapat membantu otot-otot yang tegang menjadi rileks. Selain itu, pernapasan dalam akan membersihkan pikiran. Jika yoga tidak membantu, Anda dapat mencoba Relaksasi Otot Progresif (PMR) dengan menegangkan bagian otot Anda seperti bernapas dalam, dan merilekskannya layaknya Anda menghembuskan napas.

7. Menulis
Jika meditasi bukanlah tipe Anda, cobalah mencatat apa yang Anda pikirkan di atas kertas. Tindakan menulis, dan menuangkan pikiran Anda di kertas, bisa Anda baca secara berulang-ulang dan tentu akan membantu mengurangi beberapa kecemasan yang Anda hadapi.

8. Melatonin
Melatonin merupakan hormon yang mengatur siklus tidur. Otak membentuk melatonin ketika diberi makan dengan kalsium, sehingga dianjurkan Anda minum segelas susu atau memakan beberapa keju dan kerupuk. Jus ceri dan kenari juga memiliki melatonin mereka sendiri dan dapat dimakan tepat sebelum beranjak tidur.

9. Tryptophan
Tryptophan merupakan asam amino esensial yang bertanggung jawab untuk membuat serotonin dalam tubuh. Serotonin berfungsi untuk menyeimbangkan mood sehingga menyebabkan tidur menjadi baik. Beberapa makanan yang kaya triptofan antara lain biji labu, ayam atau dada kalkun, ikan tuna, dan keju.

10. Membaca buku
Selama berabad-abad orang membaca buku sebelum mereka tidur. Penelitian menunjukkan, membaca membantu mengurangi stres lebih cepat dan lebih efektif karena mengurangi ketegangan pada otot-otot sehingga Anda bisa tidur dengan cepat.

Cara Alami Atasi Insomnia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rumah Souvenir Unik
peluang